Sunday, February 17, 2013

Fakta Unik Tentang Samudra Antartika



[imagetag]

Samudera Antartika

adalah massa air laut yang mengelilingi benuaAntartika. Ia merupakan samudra terbesar keempat dan telah disepakati untukdisebut sebagai samudra oleh Organisasi Hidrografik Internasional (IHO) pada2000. Sebelum itu, pandangan umum adalah Samudra Atlantik, Samudra Hindia danSamudra Pasifik langsung berbatasan dengan bibir pantai Antartika.

Selimut es Antartika membesar dari minimum 2,6juta km=C2=B2 pada bulan Maret mencapai 18,8 juta km=C2=B2 pada bulan September, berartiluasnya meningkat hampir 7 kali lipat. Arus Sirkumpolar Antartika (sepanjang21.000 km) bergerak ke arah timur; merupakan arus samudra terbesar didunia, mengalirkan 130 juta m=C2=B3 air per detik, berarti 100 kali lipat seluruhaliran air sungai yang ada di dunia.

Temperatur air laut bervariasi antara 10 dan-2=C2=B0C. Badai siklon berjalan dari arah timur mengelilingi benua dansering sekali merupakan badai kuat karena adanya perbedaan temperatur yangnyata antara dataran es dengan laut terbuka. Wilayah samudra dari lintang 40 LSsampai ke Lingkar Antartika merupakan wilayah dengan kecepatan angin rata-ratapaling kuat dibandingkan tempat manapun di permukaan bumi.

Pada musim dingin, samudramembeku hingga mencapai 65=C2=B0 LS di sektor Pasifik dan sampai 55=C2=B0 LS di sektorAtlantik, temperatur permukaan turun hingga di bawah 0 =C2=B0C. Pada beberapa titikdi pantai benua, masih ditemukan daerah bebas es, hal ini disebabkan adanya anginyang kuat yang terus menerus berhembus dari dalam benua ke arah samudra.

Sumber

#dcbfa6

No comments:

Post a Comment