Saturday, December 29, 2012

5 Hal Yang Membuat Otak Jadi Bingung



[imagetag]

Otak menolak untuk memikirkan bentuk 4dimensi, mekanika kuantum atau alam semesta yang tak terbatas dan sulitdimengerti. Materi abu-abu pada otak sebenarnya ahli dalam pengolahan data darisistem indra dan pengalaman hidup sehari-hari. Namun, ada beberapa pengecualianyang mencolok.

Beberapa kebiasaan aneh dalam struktur danfungsi otak dapat berjalan tanpa disadari oleh otak dan alam bawah radar.Seperti dilansir LiveScience, berikut adalah 5 hal sehari-hari yang secara takterduga membuat otak jadi bingung :

Pintu

Nampaknya hampir semua orang pernah berjalanke sebuah ruangan untuk tujuan tertentu, namun tiba-tiba lupa begitu saja.Mengapa demikian? Ternyata, pintu adalah biang keladi yang harus disalahkanatas penyimpangan memori ini. Para psikolog di University of Notre Dame menemukanbahwa melewati pintu memicu apa yang disebut dengan "batas peristiwa"di dalam pikiran, yaitu hal yang memisahkan suatu pikiran dan kenangan daripikiran berikutnya. Analoginya seperti keluar melalui pintu keluar setelahmelihat film di bioskop.

Bunyi Alarm

Bunyi alarm jam, suara sirine kebakaran ataubunyi reminder memang sangat mengganggu. Suara secara alami diciptakan olehtransfer energi dan berasal dari satu objek yang bertemu dengan objek lain,misalnya tongkat memukul drum. Suara alarm yang mengganggu ini layaknya mobilyang bergerak dengan kecepatan 100 km/jam kemudian tiba-tiba menabrak dindingnamun tak pernah berhenti. Suara ini tidak berubah dari waktu ke waktu dantidak hilang sehingga otak bingung mengenalinya dan dari mana asalnya.

Foto

Kita secara sadar melihat foto, tapi otakbawah sadar kita tidak sepenuhnya bisa memisahkan diri dari benda atau orang didalam foto.

Penelitian menunjukkan bahwa orang jauh kurangakurat ketika melemparkan anak panah kepada foto bayi atau orang yang disukaidaripada ketika melemparkan anak panah kepada Hitler atau musuhnya. Penelitilain menemukan bahwa orang mulai berkeringat deras ketika diminta memotongfoto-foto barang berharganya semasa kanak-kanak.

Telepon

Seringkali kita merasa telepon bergetar disaku atau tas atau tiba-tiba memeriksa apakah ada panggilan pesan yang masuk,namun ternyata kosong. Fenomena ini disebabkan karena otak salah menyimpulkantanda dalam upaya memahami ketidakpastian hidup.

Pada zaman prasejarah, manusia sering kelirumenyangka kayu yang meliuk-liuk sebagai ular. Saat teknologi semakin maju, otakmasih sering salah menafsirkan gesekan kain sebagai isyarat panggilan teleponatau SMS.

Roda

Jika sering memperhatikan adegan film, kitaakan melihat roda mobil seolah-olah berputar mundur. Hal ini disebabkan karenakamera mengambil gambar diam dari sebuah adegan pada tingkat yang terbatassehingga otak mengisi kesenjangan antar gambar dengan menciptakan ilusi gerakyang berkelanjutan.

Otak kita secara efektif membuat film sendiridari dunia luar, tetapi tidak selalu memiliki frame yang cukup cepat untukmerasakan roda berputar dengan semestinya.

Sumber

#dcbfa6

No comments:

Post a Comment