Monday, December 24, 2012

Cara Merawat Perhiasan Mutiara Agar Selalu Berkilau



[imagetag]

Bentuknya yang indah dan memancarkan sinar berkilau menjadikan mutiara sebagai aksesori yang banyak disukai. Tetapi perhiasan yang satu ini rentan menjadi kusam dan berkurang keindahannya.

Karena berasal dari alam maka mutiara yang berbahan dasar organik mudah retak dan tergores. Oleh karena itu dibutuhkan perawatan khusus dan lebih teliti dibandingkan jenis perhiasan lainnya. Berikut ini cara merawat perhiasan mutiara sendiri di rumah agar terjaga keindahannya, seperti dilansir dari iDiva.

Membersihkan

Membersihkan mutiara tidak bisa sembarangan, harus menggunakan air hangat dan sabun berformula lembut; lebih aman menggunakan sabun khusus untuk mencuci tangan. Jangan pernah menggunakan pembersih yang mengandung alkohol. Anda juga bisa menggunakan pembersih khusus mutiara yang biasa dijual di toko perhiasan. Setelah membersihkan, letakkan di atas handuk dan tekan-tekan ringan untuk mengeringkannya. Jangan lupa selalu membersihkan mutiara dengan kain lembut setiap selesai memakainya.

Merawat

Make-up, parfum dan hairspray bisa dengan mudah menimbulkan korosi sehingga mutiara terlihat seperti berkarat. Hal ini karena mutiara sangat sensitif terhadap zat asam. Kenakan anting, kalung atau gelang mutiara 30 menit setelah Anda menggunakan parfum, make up atau produk-produk kosmetik lain yang mengandung kimia pada tubuh.

Menjaga Kemilau Mutiara

Ruangan yang lembab baik untuk membantu menjaga kilau indah mutiara. Jadi, jangan terlalu lama menyimpan perhiasan ini. Sering-seringlah memakainya karena kelembaban bagus untuk mutiara. Jika Anda menyimpannya di dalam safety-box atau brankas yang kedap udara, sebaiknya taruh segelas air atau spons basah di dalamnya untuk membuatnya tetap lembab.

Menyimpan Mutiara

Lindungi mutiara dari panasnya matahari atau suhu yang terlalu dingin. Suhu yang ekstrem akan membuat mutiara rusak. Simpan dalam kantong dari bahan sutra. Bahan sutra yang halus sangat bersahabat dengan mutiara karena sama-sama organik. Atau Anda bisa menyimpannya dalam kotak perhiasan berlapis beludru, dan selalu ingat bahwa bahan plastik sangat tidak dianjurkan untuk menyimpan mutiara.

Sumber

#dcbfa6

No comments:

Post a Comment