Tuesday, December 25, 2012

8 Kebiasaan Sehat Yang Murah Meriah



[imagetag]

Sebenarnya Anda tak perlu menghabiskan banyak biaya hanya untuk sehat. Ada banyak sekali cara yang murah dan praktis namun bisa membuat Anda tetap sehat sepanjang hari.

Untuk membuktikannya, cobalah 8 kebiasaan sehat yang murah meriah seperti dikutip dari Allyou, di bawah ini.

1. Buatlah Diari tentang Asupan Harian Anda

Tuliskan segala makanan yang Anda konsumsi sepanjang hari ke dalam sebuah diari. Menurut penelitian, dari situ kita bisa mengevaluasi asupan kalori sehingga kita terdorong untuk membatasinya agar terhindar dari penambahan berat badan. Untuk kebiasaan ini yang Anda butuhkan hanyalah buku catatan kecil dan pena.

2. Berliburlah dengan Imajinasi Anda

Bersantai di pantai mungkin tidak sesuai dengan budget Anda, namun membayangkan pergi ke pantai tentu tak membutuhkan dana sepeserpun.

Peneliti pun telah menemukan bahwa membayangkan sesuatu yang bisa membuat rileks bisa memberikan efek yang sama jika Anda mengalaminya secara langsung.

Caranya, tutup mata Anda dan gambarkan lokasi ideal Anda untuk melepas stres secara detail. Kapanpun Anda merasa stres, cobalah luangkan waktu Anda selama 30 detik untuk mengingat kembali tempat itu.

3. Sering Bebersih

Anda pasti akan merasa jauh lebih ringan jika melihat meja kerja dan lemari Anda rapi serta seluruh isi rumah terorganisir dengan baik. Jangan lupa simpanlah tas belanja di bawah lemari agar Anda dapat meletakkan pakaian bekas Anda.

Ketika tas itu sudah penuh, antar ke toko barang bekas pada saat Anda keluar rumah. Luangkan juga waktu Anda selama lima menit setiap hari untuk meluruskan meja Anda sehingga takkan tampak berantakan.

4. Bernapaslah dari Perut Anda

Kebanyakan orang bernafas dari dada bagian atas. Pastikan perut Anda mengembang ketika bernafas karena ini akan membantu Anda mengirimkan oksigen 8 kali lebih banyak ke otak Anda. Hal ini akan merangsang gelombang otak yang lebih lambat dan lebih panjang yang dikaitkan dengan relaksasi dan pikiran tenang.

Berbaringlah dan letakkan satu lengan di atas perut Anda tepat di bawah pusar. Saat Anda menarik napas, bayangkan udara masuk ke dalam perut Anda dan biarkan udara tersebut memompa udara di perut Anda sehingga Anda merasa tangan Anda terangkat ke atas.

Lalu biarkan udara terhembus keluar sampai benar-benar kosong, kemudian tarik napas lagi untuk membuat tangan Anda dan perut terangkat.

5. Telepon Teman Anda

Berbincanglah dengan teman baik Anda yang berada di luar kota. Biasanya di saat itu hormon oksitosin akan dilepaskan oleh para wanita sehingga bisa menenangkan tubuh Anda dan melawan efek stres.

6. Gunakan Pedometer Sepanjang Hari

Pedometer merupakan alat pengukur langkah yang harganya tidak terlalu mahal namun alat ini bisa membantu Anda meningkatkan jumlah langkah kaki Anda dari pagi hingga malam. Sekalian buatlah target 10.000 langkah perhari.

7. Bentuk Kelompok Pendukung

Berolahraga bersama seorang teman (dua atau lebih) membantu Anda mempertahankan program latihan. Tanyakan lingkungan sekitar Anda untuk melihat apakah tetangga atau teman-teman Anda ingin memulai kegiatan bersepeda atau berjalan bersama.

Anda juga bisa menempelkan sebuah catatan di papan buletin komunitas lokal di sekitar rumah Anda. Anda pun bisa berpartisipasi dalam sebuah kegiatan olahraga massal seperti lomba jalan sehat atau marathon.

8. Benang gigi

Merawat gigi putih Anda tidak hanya mencerahkan senyum Anda namun juga membantu menggemukkan dompet Anda. Sebuah studi menemukan bahwa biaya perawatan pasien dengan penyakit gigi yang lebih parah besarnya sekitar 20 persen lebih tinggi daripada pasien biasa.

Waspadai hal itu dengan menggosok gigi dua kali sehari, menggosok gigi Anda dengan benang sekali sehari dan mengunjungi dokter gigi Anda untuk pembersihan gigi setiap enam bulan.

Sumber

#dcbfa6

No comments:

Post a Comment