Tuesday, February 12, 2013

10 Teknologi Fiksi Yang Sudah Menjadi Kenyataan

Dahulu, para novelis ataupun para seniman berangan-angan denganimajinasi

mereka akan teknologi masa depan yang canggih. Namun sekarang,

angan-angan mereka telah terpenuhi seiring dengan perkembangan zaman,

dan mungkin untuk mereka yang masih hidup akan berbicara "Mereka

terinspirasi dari karyaku".

 



[imagetag] 

1. Bom Atom







Tidak sulit untuk membayangkan sebuah ledakan besar, tapi Robert Cromie

(1856-1907) membayangkan sarana untuk melakukan hal yang akhirnya akan

menjadi kenyataan. Dalam The krack of Doom, ia menulis tentang senjata

yang menggunakan energi atom faktor resikonya memusnahkan hampir dua

kilometer persegi tanah. Lebih dari empat dekade kemudian, Proyek

Manhattan berjalan baik.







2. Internet





[imagetag]



Buku William Gibson, Neuromancer, sekaligus mengatur dasar bagi genrecyberpunk serta internet (atau lebih tepatnya, World Wide Web). Dalam duniadystopian,

hampir semua orang dapat mengakses jaringan komputer global yang

menggunakan antarmuka otak khusus, yang memungkinkan semua orang di

planet ini untuk bertukar informasi dengan cepat. Terdengar akrab?





3. Space Travel (Perjalanan ke luar angkasa)





[imagetag]



Meskipun

novel tahun 1865 berjudul "Dari Bumi ke Bulan" menceritakan kisah

Komedi, Jules Verne melakukan beberapa perhitungan yang serius untuk

kembali mengangkat kisah tentang tiga orang mencoba untuk melakukan

perjalanan ke bulan menggunakan meriam. Beberapa teori-teorinya dan

persamaannya yang akurat ternyata mengejutkan mereka yang melakukan misi

Apollo, dan ia bahkan dengan benar meramalkan bahwa bobot akan ada di

luar angkasa.





4. Robot (R.U.R. oleh Karel Capek,Metropolis)





[imagetag]



Gagasan untuk membangun kehidupan buatan telah ada selama berabad-abad, tetapi

istilah "robot" diperkenalkan pertama kali dalam permainan Karel

Capek, RUR (Rossum's Universal Robots). Namun, untuk melihatnya belum

terwujud sampai tahun 1927, film Metropolis diluncurkan menggambarkan

bahwa orang-orang mulai melihat robot sebagai mesin humanoid yang dapat

dikendalikan oleh seorang programmer.





5. PDA atau Pocket Komputer





[imagetag]



Pada tahun 1974, ketika sebagian besar komputer yang cukup besar mengisi

seluruh kamar, Larry Niven membayangkan sebuah versi berukuran saku

dalam novelnya " The Mote in God's Eye". Dikisahkan "komputer saku"

banyak digunakan untuk perhitungan matematis dan mencatat, tapi dengan

fungsi-fungsi komunikasi mereka, Niven juga menggambarkannya seperti

Blackberry atau iPhone.





6. VCR / DVD Player





[imagetag]



Ketika sebagian besar dunia mengagumi penemuan gambar bergerak di tahun

1890-an, HG Wells sudah memikirkan cara untuk membuatnya lebih baik.

Pada satu alur dalam novelnya, seseorang terbangun, kemudian menemukan

sebuah mesin yang tampaknya untuk menyimpan dan memutar film untuk

hiburan pribadi.





7. Satelit





[imagetag]



Edward Everett Hale penulis yang mengeksplorasi ide pertama dari sebuah satelit dalam cerita pendek, "The Brick Moon,"

terkenal setelah penulis fiksi ilmiah Arthur C. Clarke pertama kali

mengusulkan satelit sebagai alat untuk komunikasi massal. Dia menulis

sebuah artikel pada tahun 1945 yang menggambarkan perangkat komunikasi

yang melayang di orbit untuk memberikan komunikasi global berkecepatan

tinggi . Tujuh tahun kemudian, Sputnik diluncurkan.





8. Virus Komputer





[imagetag]




fiksi ilmiah bukan hanya mengilhami penemuan-penemuan yang baik. Ketika

peneliti sengaja menciptakan virus komputer pertama pada tahun 1975,

mereka menggambarkannya sebagai "cacing." Istilah ini diambil dari novel

John Brunner, The Shockwave Rider ', di mana "cacing pita" mulai

menginfeksi komputer di seluruh dunia.







9. Taser





[imagetag]




Ketika Jack Cover mengembangkan prototipe pertama untuk senapan mematikan, ia

terinspirasi dari novel tahun 1911 karya Victor Appleton yang ia baca

ketika masih anak-anak "Thomas A. Swift 's Electric Rifle.", salah satunya menampilkan sebuah "senapan listrik" yang digunakan untuk berburu.







10. Software Penerjemah



#98fcde


[imagetag]



"Babel Fish" bukan hanya nama acak dari AltaVista yang datang dengan

perangkat lunak terjemahan web mereka. Ini sebenarnya merupakan gadget

dari novel "The Hitchhiker's Guide to the Galaxy" 1971 yang dapat menerjemahkan bahasa apapun setelah dimasukkan ke dalam telinga seseorang.



Sumber

No comments:

Post a Comment