Friday, January 11, 2013

Keith Haring, Seniman Dibalik Logo Google Hari Ini



[imagetag]

Keith Haring adalah seorang seniman sekaligusaktivis sosial yang menginspirasi budaya jalanan kota New York era tahun 1980an. Logo Google hari ini memperingati 54 tahun kelahiran Keith Haring.

Lahir di Pennsylvania, Amerika, pada 4 Mei1958. Keith Haring dibesarkan oleh ibunya, Joan Haring, dan sang ayah AllenHaring, yang berprofesi sebagai kartunis.

Dia juga memiliki tiga adik perempuan, Kay,Karen dan Kristen. Orang tua Keith Haring ingin menamai semua anak merekadengan awalan huruf "K". Keith Haring telah tertarik pada dunia seni sejak usiadini.

Dari tahun 1976 sampai 1978 ia belajar "senikomersial" di sekolah Seni Profesional, sebuah sekolah seni di Pittsburgh.Sebelum akhirnya berpindah ke studi "Fine arts" atau Seni Rupa.

Pada usia 19 tahun (tahun 1978) Haring pindahke kota New York, dimana ia terinspirasi oleh seni grafiti, lalu melanjutkanstudinya di Sekolah Seni Visual.

Haring mulai mencuri perhatian publik dengankarya "lukisan kapur" di kereta bawah tanah New York. Seni pop art yang menjadiciri khasnya adalah "The Radiant Baby". Dengan garis tebal, warna cerah yangberani, dan objek yang membawa pesan tentang hidup dan persaudaraan.

Di tahun 1980, ia mengadakan sebuah pameran diClub 57. Dia berpartisipasi dalam Pameran Times Square dan menggambar hewan danwajah manusia untuk pertama kalinya. Pada tahun 1981 ia membuat sketsa lukisankapur pertamanya di atas kertas hitam, plastik, logam dan barang bekas lainnya.

Keith Haring meninggal di usia yang masihsangat muda, 32 tahun, pada tanggal 16 Februari 1990 karena komplikasi AIDS.

Sumber

#dcbfa6

No comments:

Post a Comment