Monday, January 14, 2013

The U.s. Army Tengah Mengembangkan Sebuah Teknologi Yang Disebut Soldier Body Unit...



[imagetag] gambar diambil dari : ubergizmo.com The U.S. Army bekerjasama dengan Georgia Tech Research Institute untuk menciptakan sebuah functional sensor suite yang dapat menyelamatkan nyawa tentara di medan pertempuran yang disebut dengan nama Soldier Body Unit.

Perangkat ini berupa sebuah paket seberat 2 pon yang berisi 4 sensor ledakan yang akan terhubung dengan tentara lain untuk menangkap dan mengukur ledakan pada tubuh tentara tersebut. The U.S. Army sendiri saat ini tengah berusaha secepatnya untuk embuat prototipe dari perangkat ini dan mengirimkannya kepada tentara yang tengah berada di Afghanistan untuk mengumpulkan data tentang gagar otak dan cedera otak lainnya sebelum meninggalkan Afghanistan tahun 2014 mendatang.

Data yang didapat tersebut kemudian akan dikirim ke Joint Trauma Analysis and Prevention of Injury in Combat (JTAPIC) Program (sejenis program analisa pencegahan cedera dalam pertempuran), dimana para tenaga medis profesional akan mempelajari dan menganalisanya.

Para peneliti mengatakan bahwa perangkat ini tidak hanya berfungsi unutk mengumpulkan data untuk penelitian di masa depan, tetapi juga dapat melindungi tentara dari diri mereka.

"Banyak rekan-rekan tentara yang berpura-pura tidak terjadi masalah dengan kepala mereka saat bertempur, padahal hal ini dapat mengakibatkan cedera yang lebih serius terhadap kepala mereka dimasa depan nanti. Dengan perangkat ini, mereka tidak akan dapat menyembunyikannya lagi" terang Army Sgt. 1st Class Joshua Marion.

Sumber

#dcbfa6

No comments:

Post a Comment