Monday, January 14, 2013

Wah, Ukuran Tubuh Manusia 100 Tahun Mendatang Bakalan Menyusut !!



[imagetag]

Beberapa dekade terakhir, tinggi badan manusiacenderung mengalami peningkatan. Namun karena polusi juga meningkat, tren inidiperkirakan akan berbalik dalam 100 tahun ke depan sehingga di masa mendatangmanusia justru semakin menyusut.

Salah satu polutan yang dikawahtirkan akanmenghambat pertumbuhan tinggi badan manusia adalah pestisida yang belakanganmakin banyak digunakan. Sebuah penelitian di Valencia, Spanyol kembalimemastikan bahwa pestisida bisa mempengaruhi ukuran bayi baru lahir.

Penelitian yang dilakukan pada 300 bayi yanglahir antara tahun 2003-2006 menunjukkan, bayi yang memiliki banyak residupestisida di tali pusarnya cenderung lahir dengan ukuran lebih kecil. Diyakiniketika tumbuh besar, pertumbuhannya juga akan terhambat.

Penggunaan pestisida seperti DDT (dichlorodiphenyl trichloroethane) dan berbagai senyawa organoklorida sebenarnya sudahdilarang di Amerika Serikat maupun beberapa negara berkembang. Selainmenghambat pertumbuhan, berbagai senyawa tersebut juga bisa memicu kanker.

Namun karena ingin mencari laba, beberapapetani tetap menggunakan pestisida agar tanamannya tumbuh tanpa gangguan hamasehingga bisa dipanen lebih cepat dengan hasil lebih banyak. Petani-petaninakal inilah akahirnya yang meninggalkan residu pestisida di mana-mana.

Penelitian terbaru dari Departemen AgrikulturAmerika Serikat menunjukkan, 98 persen buah apel di negara itu tercemarpestisida. Padahal buah ini menempati urutan ke-2 dalam daftar buah-buahan yangpaling banyak dikonsumsi di negara tersebut.

Bukan cuma mencemari sayur dan buah-buahan,residu pertisida juga bisa mencemari berbagai pangan. Residu pestisidabisa meresap ke perairan seperti aliran sungai, air tanah dan juga air laut.Bahkan peneliti juga menemukannya di lemak ikan dan susu sapi.

Selain pestisida, polutan lain yangdikhawatirkan juga bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan adalah timbal. DrManny Alvarez, pakar kesehatan sekaligus kontributor kesehatan untuk Foxnewsmengatakan baru-baru ini pencemaran timbal telah meracuni 100 anak di China.

"Paling tidak, berbagai temuan ini telahmenyadarkan kita akan adanya kemungkinan ukuran manusia akan menyusut di masamendatang (100 tahun lagi)," ungkap Dr Alvarez seperti dikutip dariFoxnews.

Sumber

#dcbfa6

No comments:

Post a Comment